Steve Jobs

Steve Jobs
Steve Jobs
Steven Paul Jobs adalah pemimpin perusahaan Apple Computer dan tokoh utama di industri komputer. Dia lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, pada tanggal 24 Februari 1955. Sebagai pendiri Apple Computer bersama dengan Steve Wozniak di tahun 1976, ia berhasil membuat populer sebuah konsep komputer di dalam kebutuhan rumah tangga. Kemudian, ia merupakan salah satu orang yang pertama kali menyadarkan potensi untuk mengomersialkan antarmuka pengguna grafis atau graphical user interface dan mouse yang dikembangkan di Palo Alto Research Center perusahaan Xerox, dan kemudian teknologi ini diterapkan ke dalam Apple Macintosh (Operating System yang ada di dalam Apple). Jobs juga memimpin Pixar Animation Studios, sebuah perusahaan komputer animasi terkemuka di dunia layar lebar.
Steve Jobs dilahirkan oleh Joanne Carole Schieble dan ayahnya Abdulfattah Jandali mahasiswa tamu dari Syria yang kemudian menjadi profesor ilmu politik. Sejak bayi ternyata beliau diadopsi oleh pasangan Paul dan Clara Jobs dari Mountain View,Santa Clara County California. Orang tua angkatnya yang memberikan nama Steven Jobs. Orang tua biologisnya kemudian menikah dan memberi Steve adik perempuan bernama Mona Simpson yang sekarang terkenal sebagai novelis.
Steve melewati masa SMP dan SMU di Curpetino, Califonia, seringkali setelah jam sekolah, dia mengajar di Hewlett Packard Company di Palo Alto, California. Maka tidak heran setelah itu ia dan Steve Wozniak segera menjadi pekerja paruh waktu di perusahaan tersebut. Di tahun 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di Cupertino, California dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tapi dikeluarkan atau drop out sewaktu Steve baru berjalan satu semester. Tapi ia segera mendaftar ke Reed College, salah satu hal yang dipelajarinya di sini adalah kaligrafi. “Jika saya tak pernah dikeluarkan dari tempat belajar yang hanya satu semester itu mungkin Mac saat ini tak akan memiliki multiple typefaces atau font-font yang proposional,” katanya.

Pada musim gugur tahun 1974, Jobs kembali ke California dan menghadiri sebuah pertemuan “Homebrew Computer Club” dengan Steve Wozniak. Dia dan Wozniak bersama bekerja di Atari Inc., sebuah perusahaan pembuat game komputer yang terkenal, dengan jabatan sebagai perancang permainan atau game designer. Motivasi Steve saat itu adalah mengumpulkan uang untuk melakukan perjalanan spiritualnya ke India.
Steve Jobs mulai melakukan perjalanan pencerahan spritual ke India bersama temannya di Reed College, Daniel Kottke, yang dikemudian hari menjadi pegawai Apple pertama. Kembali dari India dia menjadi Buddhist dengan rambut dicukur gundul dan mengenakan pakaian tradisional India, apakah Steve menjadi seorang Bhiksu? Selama masa tersebut ia mempraktekkan psychedelics (semacam meditasi, saat itu Jobs dianggap aneh, karena suka berjalan telanjang kaki di atas Salju, ini semacam meditasi kesadaran). Ini adalah dua atau tiga hal yang paling penting dalam hidupnya yang pernah ia lakukan.
Setelah kembali dari India, dia kembali bekerja di Atari.
Di tahun 1976, Jobs berusia 21, dan Wozniak, 26, mereka mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang kemudian diperkenalkan Jobs and Wozniak dinamakan Apple I. Komputer itu dijual dengan harga AS$666.66, sebagai referensi terhadap nomor telpon dari Wozniak’s Dial-A-Joke machine, yang berakhir dengan -6666.
Di tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II, yang ternyata sukses besar di pasaran rumah tangga dan menjadikan Apple sebuah pengaruh besar di industri komputer pribadi yang masih baru. Di tahun 1980, Apple Computer mencatatkan namanya di bursa efek, dan dengan penawaran saham awal yang sukses, ketenaran Jobs mencuat. Tahun itu juga, Apple Computer melepas Apple III, walaupun kesuksesannya tidak sebaik Apple II.
Seiring dengan perkembangan Apple Computer, perusahaan itu mulai mencari kepemimpinan baru untuk membantu mempercepat perkembangan perusahaan tersebut. Di tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley, dari perusahaan Pepsi-Cola, untuk memimpin Apple Computer, dengan sebuah pertanyaan tantangan, “Apakah kamu mau menjual minuman berkarbon seumur hidupmu, atau maukah kamu mengubah dunia?” (Do you want to just sell sugared water for the rest of your life, or do you want to change the world?) Di tahun yang sama, Apple mengeluarkan Apple Lisa yang teknologinya tergolong sangat maju pada saat itu tapi gagal meraih pembeli di pangsa pasar, menurut rumor dikarenakan teknologinya dicuri oleh Bill Gates. (referensi film : Pirates of Sillicon Valley)
Tahun 1984 menjadi tahun pengenalan Macintosh ke masyarakat, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan fitur antarmuka pengguna grafis. Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin dan tim tersebut menggunakan teknologi yang telah dikembangkan bukan oleh Apple, seperti waktu Apple mengambil teknologi Xerox’s PARC, tetapi belum sempat dikomersialkan. Kesuksesan Macintosh membuat Apple menelantarkan Apple II demi pengembangan produksi Mac, yang terus berkembang sampai saat ini.
Dan teknologi Apple yang terus berkembang, terus membawa perusahaan ini semakin terbang menuju teknologi yang maju, salah satu penemuan Apple di tahun 2009 dan 2010 ini adalah iPad.
Steve Jobs 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Steve Jobs' On ...

Ditulis oleh: andy Setiawan - Sabtu, 07 Mei 2011

Belum ada komentar untuk "Steve Jobs"

Posting Komentar